Powered By Blogger

4/06/2010

TEHNIK SERVIS TV

Berikut ini adalah tehnik dasar dan analisa serta memperbaikinya.Nah... Gimana cara memperbaikinya menganalisa problem pada pesawat televisi.


Jenis-jenis kerusakan dan cara mengetahui kerusakanya adalah:

*Mati total; sebel bukan? Jika demikian pesawat TV tiba-tiba mati, lanka pertama yang harus kita lakukan adalah:

1.Buka semua skrupnya

2.Lihat apakah fuse (sekring) putus, bila putus ganti dengan ukuran amper yang sama terus nyalain TV, jika fuse (sekring) putus lagi berarti daera power suply yang rusak.

Cara mengatasinya adalah;

1.Silahkan ukur elko yang paling besar ukuranya biasanya 100uf/400v ukur bolak balik pake multitester atau avometer dengan skala 10 ohm, jika keduanya nyambung kemungkinan dioda atau Transistor yang rusak.



2.Silahkan ukur dioda yang ada didekat saklar on/off, disitu ada 4 buah dioda,pakai multitester atau avometer dengan skala 10 ohm ukur bolak balik jika nyambung keduanya berarti rusak,ganti dengan yang ukuran sama.

3.Coba ukur Transistor yang besar, berkaki tiga ukur kaki nomor 2 dan 3 bolak balik pakai multitester dengan skala 10 ohm, Jika nyambung keduanya berarti rusak ganti dengan nomor yang sama.

4.Jika elko diukur tidak nyambung lagi berarti suply suda bagus,cobanyalain TV.

5.Kalau masi tidak mau nyala, coba ukur Transistor horisontal, caranya sama dengan diatas. Jika rusak ganti dengan nomor yang sama terus coba nyalain lagi TV, semoga aberhasil.

Selamat mencoba...

3 komentar:

  1. Anonim12:55 PM

    Mas,... mohon bantunnya donk,.. TV saya kalau panas tiba2 mati sendiri, trus kalau didiamkan beberapa menit trus di nyalakan lagi bisa nyala normal. tetapi gak alama kemudian mati lagi.

    tolong bantuannya apa yang bisa saya lakukan.

    terima kasih
    Joko.

    BalasHapus
  2. Buat saudara joko, kalau TV anda memakai STR silahkan ganti STR dengan Transistor HORIZONTAL
    semoga dapat membantu...

    BalasHapus
  3. Anonim8:28 PM

    mas tolong bantuannya,aku punya tv merk laser awalnya bergaris horisontal, setelah tak utak - atik malah mati total, ic dah tak ganti sekaligus elco2nya dan diodanya yg perlu dganti tapi tetep gak mo nyala, sebelumnya saya salah masang kabel gosing dgn kabel power on apanya yh yg mesti sy cek?mksh sblmnya

    BalasHapus

Terima kasi,komentar anda sangat berarti bagi saya, silahkan share pendapat anda tentan blog ini Testimoni. Tinggalkan pesan anda di Blogrolluntuk tukaran link.